Lost Connection!
Trying to reconnect in ...
Please wait or click button below.

MONE.my.id Belum lama ini, Adobe memperkenalkan layanan text-to-image kecerdasan buatannya yang disebut Adobe Firefly.

Adobe Firefox diperkenalkan; Ubah teks menjadi gambar dengan kecerdasan buatan?

Adobe memasuki bidang generasi kecerdasan buatan dengan meluncurkan keluarga baru model kecerdasan buatan yang disebut Firefly. Pembuatan gambar dengan input teks adalah salah satu aplikasi kecerdasan buatan yang sekarang kita lihat di layanan Adobe yang baru.

Adobe Firefly

Adobe adalah perusahaan perangkat lunak komputer Amerika yang terutama memproduksi perangkat lunak desain dan grafik. Perangkat lunak paling terkenal dari perusahaan ini adalah Photoshop, yang memasuki bidang teknologi pada tahun 1988.


"Adobe Firefly akan terdiri dari beberapa model kecerdasan buatan, dengan fokus membawa kecerdasan buatan ke rangkaian aplikasi dan layanan Adobe, terutama kecerdasan buatan untuk produksi konten media," kata Alexander Kastin, wakil presiden layanan baru perusahaan. "


Firefly, produk terbaru dari Adobe

Adobe Firefly


Adobe Firefox saat ini sedang dalam pengujian beta dan hanya dapat diakses melalui situs web.


Pengembangan alat generator kecerdasan buatan ini memungkinkan pengguna membuat dan mengedit objek, komposit, dan efek dengan mudah. Alat kecerdasan buatan ini akan segera disertakan dalam perangkat lunak seperti Photoshop, Illustrator, dan Premiere.


Saat kegembiraan seputar teknologi tumbuh, Adobe mengizinkan kontributor untuk menjual karya seni yang dihasilkan AI di pasar kontennya.


Adobe telah merilis 2 alat produk ini sejauh ini. Alat pertama, seperti DALL-E, mengubah input teks menjadi gambar. Alat kedua juga dapat membuat teks artistik dengan gaya WordArt.

Adobe Firefly

Dikembangkan menggunakan ratusan juta foto, model ini akan segera dapat membuat konten dalam aplikasi Adobe termasuk Express, Photoshop, Illustrator, dan Adobe Experience Manager.


Di luar pembuatan teks-ke-gambar dasar, Firefox juga dapat menerapkan gaya atau tekstur pada huruf dan font menggunakan deskripsi yang disediakan pengguna.


Model Firefly pertama tidak berbeda dengan kecerdasan buatan text-to-image seperti DALL-E 2 dan Stable Diffusion OpenAI. Keduanya dapat mentransfer gaya satu gambar ke gambar lainnya dan membuat gambar baru dari input teks. Tetapi Adobe mengklaim bahwa Firefly akan menghindari jebakan etika dan hukum yang telah menjadi korban banyak pesaing.


Saat menggunakan layanan ini untuk menerapkan berbagai perubahan pada gambar, Anda tidak perlu menggunakan frasa panjang dan banyak kata; Karena perubahan seperti pencahayaan, gaya dan ukuran gambar dapat disesuaikan dengan mudah.


Ketidakpuasan seniman dengan masuknya kecerdasan buatan ke dalam bidang produksi konten

Masuknya kecerdasan buatan ke dalam bidang produksi konten


Seniman telah melancarkan protes di platform seperti ArtStation untuk mengungkapkan ketidaksenangan mereka dengan karya baru yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan. Meskipun AI sangat berguna, ia juga dapat menimbulkan risiko serius bagi masyarakat manusia, mungkin yang terbesar adalah pengangguran.


China adalah negara pertama yang melarang media buatan AI tanpa tanda air.


"Dengan Firefly, pembuat konten (terlepas dari pengalaman atau bakat) dapat menggunakan kata-kata tertentu untuk membuat konten tanpa merugikan pasar artis," kata Castin.


Pabrikan mengklaim bahwa Firefly tidak menggunakan gambar berhak cipta atau berlisensi dan tidak melanggar undang-undang apa pun. Adobe mengatakan bahwa karya seni yang dibuat menggunakan model Firefly berisi metadata yang menunjukkan bahwa konten tersebut dihasilkan oleh kecerdasan buatan.


Sementara itu, dua perusahaan yang membuat alat seni kecerdasan buatan populer, Midjourney dan Stability AI, berada di garis bidik gugatan yang mengklaim telah melanggar hak jutaan seniman dengan melatih alat mereka.


Beberapa platform juga telah melarang gambar konten yang dihasilkan AI karena takut akan reaksi hukum. Para ahli telah memperingatkan bahwa alat bertenaga AI dapat membahayakan perusahaan.


Perbedaan penting antara Adobe Firefly dan model serupa lainnya

Masuknya kecerdasan buatan ke dalam bidang produksi konten

Solusi Adobe untuk masalah ini adalah melatih model Firefly secara eksklusif pada konten Adobe Stock, perpustakaan media perusahaan yang bebas royalti, bersama dengan konten berlisensi bebas dan dimiliki publik di mana hak cipta telah kedaluwarsa.


Adobe mengatakan bahwa di masa mendatang, pengguna akan dapat melatih dan menyesuaikan model Adobe Firefox menggunakan konten mereka sendiri. Ini mengarahkan keluaran model ke gaya dan bahasa desain tertentu.


Adobe juga sedang mempertimbangkan model kompensasi untuk kontributor ekuitas yang akan memungkinkan mereka memonetisasi bakat mereka dan mendapatkan keuntungan dari setiap pendapatan yang dihasilkan Firefly.


Fitur ini mirip dengan Dana Kontributor Shutterstock, yang mengganti biaya pembuat yang karyanya digunakan untuk melatih model seni AI.


Adobe Firefly

Adobe Firefly


Juru bicara Adobe juga mengatakan:

Kami merancang AI generatif untuk mendukung kreator dalam meningkatkan keterampilan dan kreativitas mereka. Model Firefly dilatih menggunakan kumpulan data gambar yang disetel dengan hati-hati, dan Adobe menggunakan berbagai teknik untuk mengidentifikasi dan memblokir konten berbahaya, termasuk moderasi dan filter otomatis dan manusia.


Adobe Firefox diperbarui secara berkala untuk meningkatkan kinerjanya dan mengurangi kerusakan dan bias pada keluarannya. Adobe juga menyediakan mekanisme umpan balik bagi penggunanya untuk melaporkan keluaran yang bias atau memberikan saran dalam proses pengujian dan pengembangan.


Menghindari kemunduran hak cipta atau lisensi, Adobe berencana untuk terus maju dengan Firefox dan akhirnya memperkenalkan model yang tidak hanya membuat gambar dan teks, tetapi grafik, model 3D, dan banyak lagi.


Para ahli memperkirakan bahwa nilai pasar kecerdasan buatan generatif akan mencapai lebih dari 110 miliar dolar pada tahun 2030. Tetapi hanya waktu yang akan menentukan apakah Adobe akan mampu mengatasi banyak kendala dan pesaing yang menghalangi jalannya atau tidak.