Lost Connection!
Trying to reconnect in ...
Please wait or click button below.

Apple berencana mendesain bodi iPhone 15 Pro lebih tahan banting dan lebih ringan dari generasi sebelumnya. Tetapi apakah ini mungkin?

Titanium iPhone 15 Pro

Menurut informasi yang tersedia dari seri iPhone 15 Apple, semua model ponsel ini akan mengalami peningkatan yang luar biasa dibandingkan generasi sebelumnya.

Diharapkan semua anggota keluarga iPhone 15 akan mengikuti model iPhone 14 Pro dalam hal desain dan kemampuan. Oleh karena itu, mungkin di semua model ini, Dynamic Island akan hadir di bagian atas layar.

Pada saat yang sama, Cupertino masih berencana untuk meluncurkan model Pro dan Pro Max ponsel mereka dengan peningkatan yang lebih beragam untuk memperkenalkannya ke pasar sebagai ponsel andalan premium mereka dan memberikannya kepada para peminat.

Sebelumnya dilaporkan bahwa iPhone 15 Pro akan menggunakan bodi titanium, yang merupakan peningkatan signifikan dibandingkan baja tahan karat yang digunakan di iPhone 14 Pro.

Terkait hal tersebut, salah satu whistleblower ternama produk Apple baru-baru ini mengumumkan penggunaan titanium grade 5 dalam produksi model iPhone 15 Pro, yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan stainless steel.

Titanium iPhone 15 Pro

Berikut ini, kami memperkenalkan lebih banyak paduan ini dan kelebihannya dibandingkan dengan baja tahan karat.


Model iPhone 15 mana yang akan terbuat dari titanium?

Untuk pertama kalinya, seorang pengguna Twitter melaporkan penggunaan titanium grade 5 (paduan Ti-6AI-4V) sebagai pengganti baja anti gores pada model iPhone 15 Pro.

Secara umum titanium memiliki beberapa keunggulan dibanding baja yang membuat daya tahan dan kualitas bodi iPhone 15 lebih baik dari generasi sebelumnya.

Namun, meski paduan ini digunakan di iPhone 15 Pro, kita masih bisa berharap melihat penggunaan baja dalam konstruksi model standar.

Secara umum, sistem pengenalan teknologi baru oleh Apple sedemikian rupa sehingga pada tahun pertama ia menyematkan fitur barunya hanya pada model premiumnya, dan di tahun-tahun mendatang ia juga menggunakannya pada model yang lebih murah.

body iPhone 15 Pro

Misalnya, tahun lalu, Cupertino untuk pertama kalinya menggunakan chip yang berbeda di model iPhone Pro dan non-Pro. Dengan cara ini, model reguler dan plus iPhone 14 menggunakan chip A15 Bionic tahun lalu; Sedangkan pada model Pro dan Promax-nya, kita melihat penggunaan chipset A16 Bionic.

Dengan cara ini, tahun ini kita dapat berharap bahwa chip A16 akan digunakan pada model iPhone 15 reguler, dan model Pro dan Pro Max akan dilengkapi dengan chipset A17 Bionic 3nm.

Mengingat hal ini, jika iPhone 15 akan menggunakan paduan titanium grade 5, model Pro dan Pro Max akan menjadi produk pertama yang menggunakannya.


Apa keunggulan titanium grade 5 dibandingkan dengan stainless steel?

Paduan Ti-6AI-4V memiliki banyak keunggulan dibandingkan baja tahan karat. Misalnya, bodi iPhone 15 Pro lebih tahan dari generasi sebelumnya dan akan lebih bertenaga.

Dengan cara ini, ponsel ini akan lebih tahan terhadap guncangan yang disebabkan oleh jatuh atau kerusakan fisik.

iPhone baru Apple


Selain itu, titanium grade 5 akan lebih tahan terhadap korosi dibandingkan baja. Tentu saja, karena banyak pengguna iPhone menggunakan bingkai di belakangnya, kita tidak perlu terlalu khawatir dengan korosi. Namun, ketahanan korosi yang lebih tinggi umumnya akan membuat ponsel bertahan lebih lama selama bertahun-tahun.

Selain itu, titanium kelas 5, meski lebih kuat dari baja, lebih ringan dibandingkan! Oleh karena itu, dengan menggunakan paduan ini, Apple dapat mendesain flagships premium generasi berikutnya yang lebih ringan dari sebelumnya.

Tidaklah buruk untuk mengetahui bahwa iPhone 14 Pro Max adalah salah satu ponsel terberat di pasaran dan memiliki bobot lebih dari hampir semua pesaingnya.

Oleh karena itu, penggunaan paduan Ti-6AI-4V pada bodi iPhone 15 Pro dan Pro Max tampaknya cukup logis; Karena menjadikan berbagai produk Apple lebih ringan adalah salah satu tujuan tetap perusahaan.


Apa kerugian menggunakan titanium di bodi iPhone 15 Pro?

Tentunya selain semua kelebihan yang telah disebutkan, penggunaan titanium juga memiliki kekurangan! Misalnya, paduan ini umumnya lebih mahal daripada baja tahan karat, dan harganya yang lebih tinggi tentu akan membuat model iPhone 15 Pro lebih mahal.

Selain itu, kelimpahan titanium grade 5 jauh lebih sedikit dibandingkan baja yang digunakan pada iPhone generasi sebelumnya. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menimbulkan masalah seperti kelangkaan model iPhone 15 Pro dan meroketnya harga.

Model iPhone 15 Pro juga menggunakan desain yang lebih premium dibandingkan dengan model standar, dan harganya mungkin 100-200 dolar lebih mahal daripada model iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Dalam beberapa bulan, Apple akan secara resmi memperkenalkan seri iPhone 15 bersama dengan jam tangan pintar Apple Watch generasi ke-9. Laporan sebelumnya telah mengindikasikan kemungkinan kekurangan yang parah dari seri ponsel ini dalam beberapa hari dan bulan setelah peluncuran pasar. Jika ini benar-benar terjadi, mungkin bodi titanium akan menjadi alasannya!