Lost Connection!
Trying to reconnect in ...
Please wait or click button below.

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan cara menarik untuk mengubah speaker berkabel menjadi speaker nirkabel dan Bluetooth.

Ubah speaker berkabel menjadi nirkabel

Sementara banyak orang masih lebih suka peralatan audio kabel, teknologi nirkabel perlahan-lahan memasuki hati orang. Saat ini, sebagian besar speaker baru adalah nirkabel dan biasanya mendukung koneksi kabel.

Tetapi bagaimana jika Anda ingin mengubah speaker lama Anda menjadi speaker Bluetooth nirkabel? Dengan metode sederhana yang kami perkenalkan di bawah ini, Anda dapat mengubah speaker kabel favorit Anda menjadi model nirkabel dan Bluetooth.


Metode mengonversi speaker berkabel ke Bluetooth dan speaker nirkabel

Kesenjangan terbesar antara speaker kabel konvensional dan sistem audio baru adalah kurangnya format input yang kompatibel. Pada dasarnya, banyak input dan output audio modern dirancang khusus untuk menerima sinyal Wi-Fi atau Bluetooth. Oleh karena itu, terlihat jelas bahwa speaker lama tidak memiliki fungsi generasi baru.

Ubah speaker berkabel menjadi nirkabel

Tetapi bagaimana cara mengkompensasi celah ini dan menyelesaikan masalah? Menggunakan adaptor khusus dan perangkat keras yang sesuai, Anda dapat mengubah speaker berkabel biasa menjadi Bluetooth atau speaker nirkabel dan memutar musik atau suara teater rumah dari berbagai bagian ruang pribadi Anda.


1. Adaptor Bluetooth

Jika Anda mencari koneksi audio yang lebih sederhana, seperti streaming musik dari ponsel Anda, konektivitas Bluetooth adalah alternatif hemat biaya untuk penggunaan modern speaker berkabel lama. Yang Anda butuhkan untuk memulai adalah adaptor audio Bluetooth dan amplifier biasa. Output dari amplifier terhubung ke speaker berkabel seperti biasa, dan adaptor Bluetooth juga terhubung ke inputnya.

Dengan cara ini, saat Anda ingin memutar musik, pasangkan ponsel Anda atau perangkat Bluetooth lainnya dengan adaptor dan lagu Anda akan diputar setelah diterima. Namun jika Anda tidak memiliki amplifier dan berniat membelinya, Anda dapat mempermudah pekerjaan Anda dengan mendapatkan sampel yang memiliki kemampuan untuk terhubung ke Bluetooth internal.


Ubah speaker berkabel menjadi nirkabel

Dengan cara ini Anda dapat menghubungkan output ke speaker dan memasangkan perangkat Anda langsung ke amplifier.


2. Adaptor nirkabel

Jika Anda yakin dengan sinyal Wi-Fi rumah Anda, ada beberapa cara untuk terhubung secara nirkabel, salah satunya dapat Anda gunakan untuk speaker berkabel. Pendekatan paling sederhana adalah menyambungkan speaker kabel dan amplifier Anda langsung ke perangkat rumah pintar seperti Chromecast atau beberapa model Amazon Echo.

Sebagian besar perangkat rumah pintar memiliki output audio berkabel, dan menggunakan fitur penambatannya, Anda dapat mengalirkan audio dari mana saja yang dapat dijangkau oleh sinyal Wi-Fi pribadi Anda. Namun jika Anda tidak memiliki perangkat ini, ada opsi nirkabel lain seperti penguat daya nirkabel.

Beberapa amplifier kelas atas memiliki input dan output audio dan konektivitas Wi-Fi. Model seperti amplifier streaming Yamaha WXA-50 MusicCast atau HEOS AMP Denon dapat menerima audio secara nirkabel dari perangkat lain seperti komputer, ponsel, smart TV di jaringan rumah Anda. Berkat koneksi langsung, kualitas suara juga akan bagus dan jernih.

Ubah speaker berkabel menjadi nirkabel

3. Kit Pemancar Nirkabel - Cara keren untuk mengubah speaker berkabel menjadi nirkabel

Namun bagaimana jika selain kabel speaker, TV Anda juga sudah tua? Bahkan dengan perangkat kerasnya, masih ada cara untuk membawanya ke era modern, dengan menggunakan kit pemancar nirkabel. Dengan menyambungkan kedua perangkat ke pemancar dan penerima nirkabel, Anda dapat menyiarkan input dan output dalam jarak dekat.

Yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan sumber audio Anda ke pemancar pasangan. Kemudian sambungkan speaker berkabel ke penerima nirkabel. Colokkan pemancar dan penerima ke stopkontak, hidupkan semuanya, dan nikmati konektivitas instan. Walaupun sinyal yang dihasilkan tidak selengkap sistem audio wireless, namun cukup baik untuk home theater atau ruang tamu. Ada beberapa kit di pasaran, termasuk Measy AU680 , tersedia di Amazon seharga $99.